Friday, January 31, 2020

Komputer Sebagai Elemen Dalam Sistem Informasi

Sistem informasi terdiri dari elemen-elemen (bagian) yang terdiri dari user, prosedur, perangkat keras, perangkat lunak, basis data, jaringan komputer dan komunikasi data. Semua elemen ini merupakan komponen fisik.

  • User

user adalah orang atau personil yang di maksudkan yaitu operator komputer, analis sistem, programmer, personil data entry, dan manajer sistem informasi/EDP. User juga dapat diisebut dengan Brainware ,yaiutu  yang mengoperasikan dan menjalankan perangkat lunak yang ada didalam

  • Prosedur

Prosedur merupakan elemen fisik. Hal ini di sebabkan karena prosedur disediakan dalam bentuk fisik seperti buku panduan dan instruksi. Ada 3 jenis prosedur yang dibutuhkan, yaitu instruksi untuk pemakai, instruksi untuk penyiapan masukan, instruksi pengoperasian untuk karyawan pusat komputer.

  • Perangkat keras

Perangkat keras atau Hardware adalah sekumpulan komponen perangakat keras komputer yang secara fisik bisa dilihat, diraba, dirasakan. Perangkat keras ini juga terdapat suatu sistem informasi terdiri atas komputer (pusat pengolah, unit masukan/keluaran), peralatan penyiapan data, dan terminal masukan/keluaran. Hardware ini dibagi menjadi 5 (lima) bagian, yaitu:     
1) Input Device, peralatan masukkan (Keyboard,mouse,dll),
2) Process Device, peralatan proses (processor, motherboard, ram, dll),
3) Output Device, peralatan keluaran (Monitor, Printer, dll),
4) Storage Device, peralatan penyimpan (harddisk,flashdisk, dll),
5) Peripheral Device, peralatan tambahan (WebCam, modem, dll),


  • Perangkat lunak

Perangkat lunak atau Software adalah program yang berisi instruksi/perintah sebagai pelantara yang menghubungkan antara hardware dan brainware (user) sehingga dapat menghasilkan informasi yang diinginkan brainware. Software dapat dikategorikan menjadi dua kelompok yaitu:
Software Operating System (OS), Contohnya adalah Windows, Linux, Dos, Android, dll. Tanpa adanya Operating System ini, maka hardware hanyalah benda mati yang tidak bisa digunakan.
Software Application System, Contohnya adalah Ms. Office, Open Office, Adobe Photoshop, Corel Draw, Program Database, Program Utilities, dll.

  • Basis data

File yang berisi program dan data dibuktikan dengan adanya media penyimpanan secara fisik seperti diskette, hard disk, magnetic tape, dan sebagainya. File juga meliputi keluaran tercetak dan catatan lain diatas kertas, mikro film, an lain sebagainya.

  • Jaringan komputer

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data.

  • Komunikasi data

Komunikasi data adalah merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer komputer dan pirant piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data.


Macam macam ukuran komputer

Komputer bedasarkan kapasitas dan ukurannya terbagi dari beberapa jenis. Jenis-jenis tersebut memiliki kapasitas dan ukurannya masing-masing sesuai pengguna yang membutuhkannya. Diantaranya komputer besar (mainframe), komputer mikro (micro computer), komputer mini (mini komputer), komputer super (super computer),  komputer kecil (small komputer), komputer personal (PC), laptop, notebook, dan palmtop.Berikt inii penjelasannya:

  • Komputer Besar (mainframe)

Komputer ini sudah ada sejak awal.  Mainframe merupakan komputer besar yang digunakan untuk memproses pengolahan data dan aplikasi dalam jumlah yang besar. Umumnya digunakan oleh perusahaan, pemerintahan atau organisasi yang menangani data seperti transaksi finansial, sensus, riset penelitian dan keperluan militer. Mainframe ini mampu menangani ratusan pengguna dalam waktu yang bersamaan. Mainframe yang lebih besar dan penuh daya adalah supercomputer. Supercomputer begitu penuh daya sehingga hanya berada di organisasi organisasi yang sangat besar, dan digunakan untuk perhitungan ilmiah.
Ciri-ciri Komputer Mainframe
Adapun ciri-ciri komputer mainframe antara lain :

  1. Processor yang dimiliki lebih dari satu, sehingga kecepatan prosesnya jauh lebih cepat dibandingkan dengan mini komputer
  2. Kecepatan kerja yang diimiliki mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik
  3. Mampu mengakses dalam satu komputer pada saat yang bersamaan, yang dikenal dengan timesharing. 
  4. Contoh mainframe komputer : IBM System/360, IBMSystem (ESA)/390, Honeywell-Bull DPS 7.



  • Komputer Mini (Minicomputer)

Komputer ini lebih kecil dari mainframe tetapi dalam banyak hal melampaui kinerja unit yang lebih besar. Minicomputer juga termasuk kelas komputer multi-user yang dalam komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi.


Jenis-jenis komputer mini

Berikut ini adalah beberapa komputer mini yang pernah beredar:
• PDP-8 (Programmable Data Processor 8) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis pada tahun 1965 dengan harga 18500 US$. Komputer mini ini adalah komputer mini paling laku pada jamannya.
• PDP-11 (Programmable Data Processor 11) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis pada tahun 1970.
• VAX (Virtual Address eXtension) dari Digital Equipment Corporation (DEC) yang dirilis akhir dekade 1970-an.
• Xerox Star, yang merupakan komputer dengan antarmuka grafis (GUI) pertama di dunia.
• IBM System/370 .


  • Kompuer Mikro (Microcomputer)

Mikrokomputer adalah interkoneksi memori utama (main memory) dan antarmuka Input-Output (I/O devices) yang dilakukan dengan menggunakan sistem interkoneksi bus. Sebagian besar sirkuit utama komputer mikro berbentuk silicon integrated circuit chip, yang lebih kecil dari kuku anda,chip ini disebut microprocessor.
Jenis-jenis Komputer Mikro
• IBM PC
• Apple Macintosh
• Apple iMac
• Apple MacMini
• Apple iBook
• Apple MacBook
Bagian-Bagian Mikrokomputer
1) CPU/Mikroprosesor
2) Memori Utama (Main Memory):
a. RAM (Random Access Memory)
b. ROM (Read Only Memory)
c. Input/Output (I/O) Devices.


  • PC (Personal Computer)

Komputer personal adalah mikro yang digunakan oleh satu orang, atau mungkin sedikit orang yang ada di area yang sama. Istilah lainnya adalah workstation. Workstation   adalah komputer mikro yang sangat penuh daya yang dikaitkan pada sebuah jaringan komunikasi.


  • Laptop

Laptop merupakan computer yang didesain khusus dengan ukuran yang simple, praktis dan tentunya mudah untuk dibawa kemana-mana. Laptop sendiri diambil dari kata Lap of Tap, yang memiliki pengertian dipakai sambil dipangku di atas paha. Laptop jaman sekarang sudah lebih modern, dapat dijelaskan seperti adanya tambahan hardware-hardware seperti Webcam, Wifi, bluetooth, SD card, RAM, dvd/cd room. Untuk ukuran laptop yang biasa kita jumpai mulai dari 13,3 inch-15 inch. Untuk baterai pada laptop sekitar empat kilogram,  umumnya bertahan antara 4-5 jam.



  • Notebook

Notebook juga merupakan seperangkat komputer jinjing yang dapat dibawa kemana-mana yang mempunyai baterai sekitar dua hingga tiga kilogram untuk menyimpan daya dan notebook tidak memiliki CD maupun DVD room..


  • Plamtop (Komputer Genggam)

Sebuah komputer Palmtop adalah sebuah komputer sangat kecil yang beratnya sekitar 1,5 kilogram yang dapat disimpan di satu tangan. Ini jenis komputer yang memiliki keyboard khusus atau keypad untuk memasukkan data, atau QWERTY kecil. Palmtop memiliki pengolah kata, program spreadsheet, kalender dan buku telepon.


Arsitektur Komputer

Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dalam sebuah sistem komputer. Di dalam arsitektur komputer juga terdapat struktur pengoprasian dasar dari perangkat komputer itu sendiri. Selebihnya, ada beberapa macam dalam arsitektur komputer:

  • CPU (Central Processing Unit)

Unit ini termasuk yang paling penting, yang dapat mengendalikan semua unit komputer lain dan mengubah output dan input. CPU mencakup untuk penyimpanan dan tempat proses intruksi intruksi program. Berikut ini komponen kompoonen dari CPU:

1. Unit Pengendali (Control Unit)
- Control unit ini adalah bagian ari prosesor yang mampu mengatur jalannya program.
- Mengambil intruksi dari main memory
- Mengirim intruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja ALU.
- Menyimpan hasil prose ke main memory
2. Main Memory
Main memory dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan dari hasil pengolahan, penyimpanan ini terbagi dua yaitu:
- Penyimpanan Primer (Primary StorageI)
Penyimpanan ini sama seperti RAM sebagai intruksi untuk mengolah data, dimana kedua data dan instruksi bersifat sementara dan akan hilang ketika komputer dimatikan.
- Penyimpanan Sekunder (Secondary Storage)
Penyimpanan ini adalah beberapa alat penyimpanan yang di design untuk menahan data dan instruksi atau program di dalam  bentuk relatif permanen. Contohnya tape, disket, CD-ROM danharddisk. fleksibel oleh penyimpanan sekunder.


3. ALU (Arithmetic Logic Unit)
Arithmatic Logical Unit (ALU), adalah komponen dalam sistem komputer yang berfungsi melakukan operasi perhitungan aritmatika dan melakukan pengambilan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program.

No comments:

Post a Comment

Mengenal Permainan dan Hiburan di Komputer

Dalam perkembangan teknologi, komputer telah menjadi platform utama untuk berbagai jenis hiburan dan permainan. Seiring dengan kemajuan hard...