PT
Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, atau biasa yang disebut dengan Telkom
Indonesia atau juga Telkom saja adalah perusahaan informasi dan komunikasi
serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Telkom
mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dengan jumlah
pelanggan telepon tetap sebanyak 15 juta dan pelanggan telepon seluler 104
juta. Telkom merupakan salah satu dari BUMN yang sahamnya saat ini sebesar 52,09%
dimiliki oleh Pemerintah Indonesia dan 47,91% dimiliki oleh publik, Bank of New
York, dan investor dalam negeri. Telkom juga menjadi pemegang saham mayoritas
di 13 anak perusahaan miliknya, antara lain PT Telekomunikasi Seluler
(Telkomsel), Telkom Akses, dan Telkom Metra. Pada 2017, PT. Telkom sudah
memiliki 23.876 karyawan dan cakupan wilayah kerja di seluruh Indonesia dan
melakukan pengelolaan terhadap gedung-gedung perusahaan Telkom Group seperti
gedung PT Telekomunikasi Indonesia, PT Telkomsel, PT Infomedia Nusantara dan PT
Multimedia Nusantara.
Direktur
Utama Telkom saat ini adalah Alex Janangkih Sinaga yang menggantikan Arief
Yahya yang telah menjadi menteri Pariwisata di Kabinet Kerja Jokowi.
Website
resmi milik PT Telkom adalah www.telkom.co.id
dimana terdapat berbagai macam informasi mengenai PT Telkom seperti Profil dan
Riwayat singkat PT Telkom, Anggaran Dasar, Berita, Human Capital yang berisi
menu untuk program perekrutan oleh PT Telkom dan juga program internship bagi
mahasiswa/i yang ingin melakukan program magang, serta informasi lainnya. Untuk
informasi mengenai laporan keuangan milik PT Telkom dapat ditemukan di url
berikut https://www.telkom.co.id/servlet/tk/about/id_ID/stockdetail/laporan-keuangan.html
yang dimana terdapat laporan keuangan milik PT Telkom tiap tahun.
PT.
Telkom berlokasi di Telkom Landmark Tower, Lantai 39 JL. Jendral Gatot Subroto
Kav. 52, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Kode Pos 12710, Indonesia. Nomor yang
bisa dihubungi +62 21 – 80863539 sedangkan Email: corporate_comm@telkom.co.id
PT.
Telkom juga mempunyai akun media sosial yang dapat di ikuti oleh masyarakat seperti
Facebook, Twitter, Youtube dan Instagram.
VISI dan MISI PT. Telkom
Seiring dengan perkembangan
teknologi digital dan transformasi perusahaan, Telkom memiliki visi dan misi
baru yang telah diberlakukan sejak 2016, yaitu :
Visi
Be
the King of Digital in the Region
Misi
Lead
Indonesian Digital Innovation and Globalization
Struktur Organisasi Telkom Group
Layanan
PT. Telkom
Untuk
layanan Telepon, Data, dan Internet dari PT. Telkom antara lain:
1) Telepon tetap (PSTN): layanan telepon tetap yang
pernah menjadi monopoli Telkom di Indonesia
2) Flexi: layanan telepon, data dan internet berbasis
fixed wireless CDMA
3) TelkomNet Instan: layanan akses internet dial up
4) TelkomNet Astinet: layanan akses internet
berlangganan dengan fokus perusahaan
5) Speedy: layanan akses internet dengan kecepatan
tinggi (broad band) menggunakan teknologi ADSL
6) Solusi Enterprise - INFONET
7) TELKOMLink DINAccess
8) TELKOMLink VPN IP: layanan komunikasi data any to
any connection berbasis IP MPLS.
9) TELKOMNet Whole Sale (VPN Dial): Layanan akses dial
up ke intranet suatu perusahaan yang dilakukan secara remote dan mobile melalui
jaringan data berbasis TCP IP (MPLS/tunneling) pada TELKOMNet.
10) TELKOM ISDN: jaringan digital yang menyediakan
layanan telekomunikasi multimedia, merupakan pengembangan dari sistem telepon
yang telah terintegrasi.
11) e-Business (i-deal, i-manage, i-Settle, i-Xchange,
TELKOMWeb Kiostron, TELKOMWeb Plazatron)
12) e-Health: layanan solusi untuk entitas kesehatan
yang meliputi sistem informasi dan aplikasi (ePuskesmas, ePharmacy, HIE (Health
Information Exchange).
Untuk
layanan Satelit dari PT. Telkom antara lain:
1) TELKOMSatelit (Sewa Transponder)
2) TELKOMVSAT (VSAT)
Untuk
layanan Televisi berlangganan dari PT. Telkom antara lain:
1) Groovia TV
2) TelkomVision
3) USeeTV
4) YesTV
Sumber
:
No comments:
Post a Comment