Monday, January 14, 2019

Materi Pengembangan Bisnis


        I.            Definisi Bisnis Secara Umum

Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada pelanggan atau konsumen untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dan business berasal dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Secara harfiah berarti sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan bagi diri sendiri ataupun organisasi.

Dalam ekonomi kapitalis, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit atau keuntungan dan meningkatkan pemasukkan bagi para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyatnya. Model bisnis seperti ini mirip dengan sistem sosialistik yang di mana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.

Secara etimologi, bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan ataupun aktivitas yang menghasilkan keuntungan bagi mereka. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, yang pertama penggunaan singular, kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan dari usaha yang mereka jual kepada para konsumen. Kedua penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu misalnya, bisnis pertelevisian. Ketiga dan terakhir, penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa.





     II.            Definisi Bisnis Menurut Para Ahli

Selain definisi bisnis secara umum seperti yang telah dipaparkan diatas, berikut ini juga penulis menuliskan definisi – definisi bisnis menurut para ahli baik dari dalam maupun dari luar negeri :

a)      Mahmud Mach Foedz

Perkembangan usaha adalah perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

b)      Brown dan Petrello

Pengembangan usaha adalah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. Apabila kebutuhan masyarakat meningkat, maka lembaga bisnis pun juga akan meningkat perkembangannya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sambil memperoleh laba.

c)      Steinford

Pengembangan usaha adalah aktivitas yang menyediakan barang atau jasa yang diperlukan oleh konsumen yang memiliki badan usaha, maupun perorangan yang tidak memiliki badan hukum maupun badan usaha seperti, pedagang kaki lima yang tidak memiliki surat izin tempat usaha.

d)      Hughes dan Kapoor

Pengembangan usaha ialah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan.

e)      Plowman

Bisnis merupakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pembelian ataupun penjualan barang dan jasa yang dilakukan secara berulang – ulang.

f)       Owen

Bisnis adalah suatu perusahaan yang berhubungan dengan distribusi dan produksi barang – barang yang nantinya dijual ke pasaran ataupun memberikan harga yang sesuai pada setiap jasanya.



   III.            Jenis – Jenis Bisnis

Berdasarkan kegiatannya bisnis dibagi menjadi tiga bagian, yaitu :

a)      Production (Produksi) merupakan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh perusahaan atau PT  untuk mengolah suatu bahan atau sumber daya yang ada agar dapat di buat suatu produk yang mempunyai nilai guna yang lebih tinggi dari saat sebelum di olah (menaikan faedahnya).

b)      Distribution (Distribusi) adalah suatu proses penyampaian atau pengiriman barang atau jasa dari produsen ke konsumen untuk digunakan sesuai dengan waktu dan dimana barang atau jasa tersebut diperlukan.

c)      Consumer (Konsumen) adalah setiap orang yang memakai atau menggunakan barang dan jasa yang disediakan oleh pihak produsen yang telah di informasikan kepada masyarakat baik menggunakan iklan ataupun media informasi lainnya, sehingga dapat di gunakan baik bagi kepentingan sendiri, keluarga, maupun orang lain.


  IV.            Tujuan Bisnis

a)      Profit (keuntungan) - seseorang atau organisasi melakukan bisnis memilik tujuan utama yaitu mencari keuntungan.

b)      Growth (pertumbuhan) - selain mencari keuntungan, seseorang atau organisasi juga melakukan bisnis dengan tujuan untuk menambah pertumbuhan ekonomi.

c)      Continuity (berkesinambungan) - kegiatan bisnis adalah kegiatan yang berkesinambungan, maksudnya adalah kegiatan bisnis bertujuan untuk dapat melakukan bisnis yang sebelumnya.

d)      Stability (stabilitas) - kegiatan bisnis juga bertujuan untuk menstabilkan ekonomi.

e)      Public Service (pelayanan umum) – merupakan bisnis yang dilakukan dengan tujuan untuk melayani kebutuhan masyarakat seperti contohnya BUMN.

f)       Will Fare (sejahtera) - bisnis ini bertujuan untuk mensejahterakan baik penjual maupun pembeli karena keduanya sama sama saling membutuhkan satu sama yang lainnya.

     V.            Pihak – Pihak yang Berhubungan dengan Bisnis

Adapun pihak – pihak yang berhubungan dengan bisnis adalah sebagai berikut :

a)      Pemilik (Owner/employer)

Setiap bisnis dimulai dari suatu ide mengenai produk atau jasa yang diciptakan oleh satu atau beberapa orang. Orang – orang yang menciptakan ide ini sangat penting bagi pengembangan bisnis baru karena dapat menciptakan produk atau jasa, atau dapat juga memperbaiki yang sudah ada sehingga dapat sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumen.

b)      Kreditor (Creditor)

Kreditor merupakan salah satu pihak yang berhubungan dan berpengaruh dalam suatu bisnis karena kreditor ini memberikan pinjaman dana ke perusahaan. Kreditor dapat berupa lembaga keuangan, maupun individu. Disisi lain, lembaga keuangan akan memperoleh pendapatan dari pinjaman berupa bunga pinjaman.

c)      Karyawan (Employee)

Karyawan dalam perusahaan meliputi karyawan operasional dan karyawan di posisi manajerial (level of management). Untuk mencapai tujuan perusahaan, peran karyawan sangat dibutuhkan karena karyawan memegang peranan yang sangat penting. Oleh karena itu, perusahaan memberikan imbalan jasa berupa gaji yang dibayarkan tiap bulannya sesuai dengan posisi dari karyawan. Bentuk imbalan jasa itu juga dapat berbentuk bonus, jaminan kesehatan dan lain sebagainya. Bentuk imbalan tersebut juga dapat berbentuk non-financial seperti fasilitas kendaraan atau rumah.

d)      Pemasok (Supplier)

Peranan pemasok sangat penting bagi perusahaan. Bagi perusahaan manufaktur, ketersediaan bahan baku atau sumber daya adalah hal yang sangat penting karena akan memperlancar proses produksi bagi perusahaan tersebut.

e)      Pelanggan (customer)

Perusahaan tidak dapat bertahan hidup tanpa ada pelanggan. Loyalitas pelanggan akan menjaga kelangsungan bisnis bagi perusahaan. Untuk menarik konsumen perusahaan harus menyediakan produk atau jasa yang berkualitas, menyediakan informasi yang menarik dan harga yang terjangkau sehingga konsumen tertarik untuk membeli jasa atau produk yang dijual.




Kelompok 1
Anggota :
AbalJerind (50415004)
Junaedi (53415632)

Sumber

1 comment:

  1. Halo Semua Selamat Datang di Kantor Keuangan James Althouse, apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk pencarian bisnis atau keperluan pribadi tidak lebih karena kami di sini untuk memberikan Anda jumlah pinjaman yang Anda butuhkan dengan tingkat bunga serendah 2% James Althouse Finance Perusahaan ada di sini untuk membantu Anda, yang perlu Anda lakukan adalah mengirimkan kepada kami informasi di bawah ini melalui email kami untuk memulai aplikasi pinjaman Anda.

    DATA APLIKASI
    1) Nama Lengkap:
    2) Alamat:
    3) Seks:
    4) status perkawinan:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8) penghasilan bulanan:
    9) jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Durasi:
    11) Pinjaman Bunga:
    12) Agama:
    13) Sudahkah Anda melamar sebelumnya:
    14) Tanggal lahir:

    Terima kasih.

    JAMES ALTHOUSE
    E-mail: jamesalthousefinancefirm@gmail.com
    whatsapp: +1 (503) 882-0085

    ReplyDelete

Mengenal Permainan dan Hiburan di Komputer

Dalam perkembangan teknologi, komputer telah menjadi platform utama untuk berbagai jenis hiburan dan permainan. Seiring dengan kemajuan hard...